UNP Targetkan Buka 5 Gerai UNP Mart Mulai Tahun 2024 Ini

REALITANUSANTARA.COM

Padang – Universitas Negeri Padang (UNP) terus mengembangkan peran ekonomi kampus dengan menargetkan pembukaan lima gerai UNP Mart sepanjang tahun 2024. Gerai-gerai ini diharapkan dapat menjadi pusat layanan kebutuhan harian bagi mahasiswa, dosen, staf dan masyarakat sekitar, sekaligus memperkuat ekosistem bisnis internal kampus.

Dua dari lima gerai yang direncanakan telah resmi beroperasi. Gerai pertama dibuka pada 20 Mei 2024 di Kampus 3 UNP Ulu Gadut, Padang, dan disambut positif oleh sivitas akademika. Sementara itu, gerai kedua baru saja diresmikan pada kamis, (17/10/2024) di Kampus Utama UNP Air Tawar.

Menurut Sekretaris Universitas, Dr. Erianjoni, S.Sos, M.Si, UNP tidak berhenti sampai di situ. Ia menyampaikan bahwa tiga gerai tambahan akan segera dibuka sebelum akhir tahun. “Akan membuka gerai di Bypass Kota Padang, Kampus UNP Bukittinggi, dan Kampus UNP Sijunjung dalam beberapa bulan ke depan. Dengan demikian, target lima gerai di 2024 dapat tercapai,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dosen Sosiologi itu mengatakan pembukaan UNP Mart tidak hanya bertujuan untuk menyediakan kebutuhan harian, tetapi juga sebagai bagian dari upaya UNP memperkuat peran ekonomi kampus untuk meningkatkan income generating UNP yang saat ini sudah berstatus PTN BH untuk mendukung program-program pendidikan dan pengembangan kampus.

 “Kami ingin memastikan bahwa mahasiswa dan dosen dapat mengakses kebutuhan dengan mudah dan terjangkau. Selain itu, gerai-gerai ini juga menjadi bentuk kontribusi universitas dalam menciptakan peluang ekonomi di lingkungan sekitar,” lanjut Dr. Erianjoni.

Selain itu, keberadaan UNP Mart juga membuka peluang kolaborasi menjadi teaching factory (Tefa) bagi program studi terkait, seperti Manajemen, Kewirausahaan, dan Ekonomi, guna memberikan pengalaman praktik bisnis kepada mahasiswa. Diharapkan, mahasiswa dapat belajar langsung mengenai pengelolaan bisnis ritel dan manajemen keuangan, sehingga menciptakan sinergi antara kegiatan akademik dan ekonomi.

Keputusan UNP untuk memperluas gerai hingga ke Bukittinggi dan Sijunjung mencerminkan komitmen universitas dalam melayani masyarakat di berbagai daerah. “Dengan hadirnya UNP Mart di lokasi-lokasi strategis, kami ingin lebih dekat dengan masyarakat dan berperan aktif dalam menggerakkan ekonomi lokal,” jelas Dr. Erianjoni. (Utr/Humas UNP)

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.