Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP Menjadi Narasumber dalam Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak.

REALITANUSANTARA.COM

SOLOK - Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP Menjadi Narasumber  dalam Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak. Rabu 31 Juli 2024 di Aula Perpustakaan Daerah Kabupaten Solok.

Kepala DPPKBP3A Dr. Maryeti Marwazi dalam laporannya menyampaikan, Saat ini angka kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, 5 tahun terakhir masih tinggi, maka masalah ini perlu mendapat perhatian dari semua pihak.

Untuk menyikapi hal tersebut, perlu juga adanya kerjasama yang kuat antar lembaga organisasi masyarakat dan pemerintah untuk memberikan perlindungan terhadap kekerasan kepada perempuan dan anak.

Di Kabupaten Solok kita sudah mempunyai unit pelayanan untuk perlindungan perempuan dan anak yang memiliki peran untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

kami juga telah melakukan pendampingan, konseling dan sosialisasi seperti yang sedang kita laksanakan pada hari ini. Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan dan penanganan apabila terjadi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Adapun jumlah peserta 100 orang yang terdiri dari guru Bimbingan Konseling SMP se Kabupaten Solok.

Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Solok dapat menurun bahkan zero kasus.

Sambutan Bupati Solok diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik menyampaikan, Pertama kami menyampaikan permohonan maaf Bapak Bupati tidak bisa hadir karena ada kegiatan yang tidak dapat diwakilkan

Anak merupakan aset dan masa depan bangsa, sampai saat ini masih banyak kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. maka dari itu, ini merupakan hal yang harus segera kita atasi sehingga kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat berkurang.

Di sekolah peran guru juga sangat penting untuk mengatasi kekerasan ini, maka dari itu disini para guru akan dibimbing oleh narasumber tentang bagaimana mengatasi kekerasan terhadap anak di lingkungannya masing masing.

Sebagaimana kita ketahui bersama, pada tahun 2045 kita mendapatkan bonus demografi sehingga diharapkan kepada bapak ibu guru mempersiapkan anak didik kita agar terbebas dari kekerasan untuk masa depan yang cemerlang.

Sosialisasi ini sangat penting karena kita bisa mengetahui faktor - faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan kepada perempuan dan anak. Dan melalui kegiatan ini kita harapkan para guru dapat mengambil peran untuk mengantisipasi agar kekerasan terhadap anak dan perempuan khususnya di sekolah dan lingkungan dapat teratasi.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP menyampaikan, anak adalah anugerah yang berhak dilindungi dan didampingi dalam keadaan apapun. Kita wajib memberikan kepada anak hal yang terbaik, agar anak- anak kita menjadi generasi yang hebat dan cerdas. Karena tanpa disadari saat ini, banyak kekerasan terhadap anak terjadi justru di lingkungan kita sendiri.

Ada 3 faktor yang mempengaruhi terjadinya kekerasan terhadap anak, yaitu faktor ekonomi yang tidak stabil, faktor kegagalan rumah tangga (broken home) serta faktor kurang siapnya pasangan saat menikah. Karena itu pendampingan terhadap anak yang sering kali menjadi korban kekerasan harus terus dilakukan. 

Anak adalah harta yang tidak ternilai, karena itu jangan sampai terjadi kekerasan terhadap anak-anak kita. Tanggung jawab terhadap anak adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya orang tua tapi juga masyarakat dan pemerintah.

Dengan sosilisasi ini peserta dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat luas, sehingga dapat mengurangi / menghindari segala bentuk gangguan / ancaman kekerasan yang menimpa anak.

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.