DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN DAN KOORDINATOR WILAYAH DIBERIKAN PEMBEKALAN KKN.

REALITANUSANTARA.COM

PADANG - Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Koordinator Wilayah (Korwil) KKN PPM Universitas Ekasakti Tahun 2024 diberikan pembekalan terkait dengan program kerja yang akan dilaksanakan dilapangan nanti,  acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor Unes Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd, Sabtu (6/7) kemarin di Ruang Sidang Rektor Lantai 1 Gedung Rektorat Universitas tersebut.   

Ketua KKN PPM Unes Tahun 2024 Drs. Rizal Abu, S.T, M.Eng mengatakan kegiatan pembekalan ini menghadirkan narasumber Dekan psikologi UNP Dr. Farah Aulia, M.Psi Psikolog, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Haris Yuswandi, S.Km, M.Km, Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang  Provinsi Sumatera Barat, Herasukma Munaf, Bappeda Provinsi Sumatera Barat Medi Iswandi, S.T,M.M, Pembekalan ini dilaksanakan sehari penuh dengan materi Stunting, Pencegahan tawuran dan Penanganan Pasca Bencana pada Daerah terdampak .

Kegiatan KKN Unes tahun 2024 dilaksanakan dengan tema melalui KKN Universitas Ekasakti kita wujudkan nagari tangguh, artinya tangguh dalam menghadapi  segala situasi termasuk stunting, tawuran dan bencana. KKN Unes tahun 2024 ini rencananya akan dilaksanakan tanggal 5 Agustus sampai dengan 5 September 2024 mendatang di 7 Kabupaten / Kota meliputi Kota Padang, Kab. Padang Pariaman, Kab. Pesisir Selatan, Kab. Tanah Datar, Kab. Agam, Kab. Pasaman, dan Kab. Kepulauan Mentawai.  

Dari 7 Kabupaten / Kota itu kita akan menempatkan mahasiswa 20 Kecamatan, 42 Nagari / Kelurahan / Desa, mahasiswa yang akan mengikuti KKN sebanyak 930 orang dari berbagai disiplin ilmu terdiri dari Ilmu Hukum, Pertanian, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Sastra dan Teknik. Kegiatan KKN dilaksanakan dua jenis, yaitu KKN Reguler dan KKN Tematik.

KKN Tematik khusus ditempatkan di lima Nagari terdampak bencana galodo, banjir bandang yaitu Nagari Koto Tuo, Bukit Batabuah Kab. Agam, Nagari Rambatan, Andaleh, Pasie Laweh Kab. Tanah Datar, selama dua bulan.

Sedangkan 37 Nagari / Desa dan Kelurahan adalah KKN Reguler, dilaksanakan selama satu bulan,  jadi beda dengan KKN Tematik. 

Khusus untuk Kota Padang akan dilaksanakan di 16 Kelurahan, dengan mahasiswa KKN sebanyak 330 orang, KKN di Kota Padang difokuskan masalah stunting, pencegahan tawuran remaja serta pemberdayaan masyarakat, dalam pelaksanaan program termasuk penyusunan program. Diharapkan DPL bisa nanti mencegah tawuran ini. 

Berdasarkan data dari Pemprov Sumbar ada kurang lebih 1 juta meter kubik sentiment yang ada dipuncak gunung merapi, apabila terjadi hujan deras berkelanjutan itu bisa turun ke pemukiman penduduk, makanya untuk KKN Tematik ini kita fokuskan pada mitigasi bencana. Maka kita minta narasumber dari Dinas Bina Marga.

Rektor Unes Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd dalam sambutannya mengatakan Praktek Lapangan (PL) tidak sama dengan KKN, kalau PL mendalami suatu disiplin ilmunya, mungkin orang akuntan karena bidangnya, orang hukum karena bidangnya, teknik karena bidangnya, tapi KKN ini interdisipliner belajar memecahkan masalah bersama, yang penting menggunakan pendekatan persuasif kehidupannya, menggunakan pemahaman tentang kultur setempat, 


Orang yang kuat bukan orang yang pandai  mengalahkan lawannya, akan tetapi orang yang kuat adalah orang yang pandai mengendalikan dirinya ketika dia marah, buang jauh sifat amarahmu, agar jiwamu tidak mudah terbakar, jadi nasehatilah mahasiswa kita segala macam persoalan yang muncul dilapangan tidak menjadi terpancing emosi kepada  mereka.

Ukir senyummu disetiap gerakmu, tebarkan kebaikan disetiap langkahmu, panjatkan doa pada setiap orang yang kau sayangi, berikan maaf pada setiap orang yang menyakiti hatimu, dan syukurilah setiap kurnia yang diberikan Allah padamu, yakin kebahagiaan semasa hadir setiap hembusan nafasmu. Susunlah perencanaan KKN yang realistis, dipantau pelaksanaannya, dan dibuat laporannya, dan juga manfaatkan ini untuk kebutuhan pengabdian  masyarakat.

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.