DP3AP2KB Genjot Layanan KB MOW.

REALITANUSANTARA.COM

Padang - Mendorong kesadaran masyarakat dalam merencanakan masa depan keluarga yang lebih baik, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) aktif menjemput bola memberikan pelayanan Keluarga Berencana (KB) Metode Operasi Wanita (MOW).

Hal ini diupayakan Dinas P3AP2KB bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatra Barat, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) beserta kader KB untuk mendampingi keluarga,  khususnya Pasangan Usia Subur (PUS) dalam merencanakan dan mengatur kehamilan serta jumlah anak yang ideal.

Kepala Dinas P3AP2KB, yang diwakili Kabid KB, Ketahanan, dan Kesejahteraan Keluarga, Suryani menjelaskan pelayanan ini dilaksanakan selama dua hari di RSIA Siti Hawa pada 11-12 Juni 2024.

"Pada hari ini jumlah peserta MOW sebanyak 25 orang, dengan rincian Kecamatan Lubuk Kilangan 3 orang, Padang Barat 4 orang, Padang Selatan 6 orang, Pauh 5 orang, Kuranji 4 orang, Koto Tangah 3 orang. Kemudian dilanjutkan besok, Rabu (11/6/2024) Padang Timur 8 orang, Lubuk Begalung 5 orang, dan Padang Utara 8 orang. Sehingga jumlah keseluruhan mencapai 46 orang," terangnya, Selasa (10/6/2024).

Sambungnya,  metode ini mencegah kehamilan secara permanen. Peserta nantinya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sebagai persiapan untuk dilakukan tindakan MOW.

"Pentingnya mendorong kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam merencanakan masa depan keluarga yang lebih baik, termasuk pemberdayaan keluarga berencana," harapnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan uang pengganti biaya hidup sebesar Rp300 ribu kepada masing-masing akseptor.(MA)

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.