REKTOR UNES BUKA WORKSHOP PENGEMBANGAN KURIKULUM.

REALITANUSANTARA.COM

PADANG -- Rektor Universitas Ekasakti Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd secara resmi membuka workshop pengembangan kurikulum Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Rabu (30/8) kemarin di Ruang Sidang Rektor Lt.1 Gedung Rektorat Universitas tersebut. 

Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama 2 hari dengan nara sumber dari Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Darmansyah, ST, M.Pd. pesertanya dari Fakultas Sastra 5 orang dosen dan Dekan, Fakulktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  sebanyak 35 orang Dosen dan Dekan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 32 orang Dosen dan Dekan.

Prof. Dr. Salman M. Noer , M.Pd mewakili tiga  Dekan dalam workshop pengembangan kurikulum ini mengatakan sebelum kurikulum MBKM sudah banyak kurikulum sebelumnya seperti kurikulum tahun 1995, kurikulum bebas kopetensi, kurikulum KDSP, kurikulum Merdeka sudah banyak kita lalui.

Sekarang sudah ada niat baik dari pemerintah, kita berharap dengan adanya kurikulum merdeka ini akan menambah aktififtas dan pendekatan pada anak didik  RPL memberi pelung kepada peserta didik, Dikatakannya FKIP melaksanakan Praktek Lapangan (PL) di Sekolah kalau RPL memberikan 20 SKS, diaharapkan nanti tidak ada pengkisan, penangkalan, pengikisan terhadap ilmu pengetahuan, dengan adanya MBKM dan RPL orabg bekerja bisa kuliah untuk memperoleh sarjana mari kita rumuskan bersama dalam workshop ini.     

Rektor mengatakan RPL dan MBKM saangat membantu masyarakat dalam menambah ilmu pengetgahuan dan memperoleh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pemerintah memberi kemudahan untuk jenjeng pendidikan S1 bisa ditempuh dalam waktu 2,5 tahun dan S2 dalam jangka waktu 1 tahun.

Setiap orang dapat mengikuti RPL  melanjutkan pendidikan formal  paling rendah harus lulus SMA / SMK  sederat, memiliki pendidikan nonformal,formal, pengalaman kerja  yang relevan dengan program studi di Unes.  

Program Studi yang menyelenggarakan RPL di Universitas Ekasakti adalah Fakultas Teknik dan Perencanaan Prodi Teknik Elektro, Prodi Teknik Mesin,  Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum S1 dadn S2 Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Ilmu Pemerintrahan.  Program Studi ini terakreditasi “B”.

Mahasiswa Unes yang lulus Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah dari Fakultas Ekonomi  Prodi Akuntansi Chintia Indah Permata Sari ditempatkan pada Universitas Pajajaran Bandung,  Prodi Manajemen  Yoga  Arjuna di Universitras  PGRI Jogyakarta, Fakultas Teknik dan Perencanaan Prodi Arsitek Yogi Saputra di ITB. Ketiga mahasiswa ini dibiayai oleh Pemerintah  dan Uang kuliah di Unes diberikan beasiswa oleh Yayasan Perguruan Tinggi Padang. 

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.