"Generasi muda pengusaha: Potret masa depan Indonesia" dimoderatori oleh Wakil Rektor III Ir. Insannul Kamil, Ph. D

REALITANUSANTARA.COM

PADANG -- Universitas Andalas (Unand) memggelar Kuliah Umum, dengan Tena, "Generasi Muda Pengusaha : Potret Masa Depan Bangsa" di Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang, Rabu (12/07/2023).

Tokoh Nasional begitu juga tokoh Internasional yang diundang dan datang berkunjung ke kampus Unand.

Dalam hal ini, kampus juga sebagai salah satu bagian dari momentum dalam upaya mendorong generasi muda untuk mendapatkan dan meningkatkan ilmu pengetahuan.

"Tak hanya itu, namun Unand juga sebagai sokoguru perguruan tinggi di Sumatera Barat yang memberikan peluang kepada kalangan profesional untuk berbagi ilmu bagi civitas akademi Unand." harapnya.

Kemudian untuk memperkuat pengetahuan mahasiswa dan civitas akademika Unand terhadap permasalahan aktual baik didalan maupun diluar negeri.

"Terkait dengan hal itu, kata Prof Yuliandri, maka Ilmu terapan yang diberikan para profesional tersebut sangat bermanfaat sebagai  penambah wawasan para mahasiwa dan sivitas akademika Unand secara keseluruhan.

Dalam kontek kuliah umum kewirausahaan ini, Prof Yuliandri menambahkan, Unand yang didirikan pada tanggal 13 September 1956 di Bukittinggi melalui Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 Tahun 1956, ditanda tangani oleh Proklamator Bung Hatta.

"Penandatangan awal berdirinya kampus Unand oleh Proklamator itu adalah di gedung SMA Negeri 2 yang berdiri di Jalan Sudirman Bukittinggi," sebutnya.

Alhamdulilah, dengan berjalannya waktu, maka saat ini Unand telah berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dengan memiliki 15 Fakultas dengan 156  program study (prodi), terdiri dari D-III, Sarjana, Magister, Doktor, Profesi, SP I dan SP II.

"Dari 15 Fakultas tersebut, sebut Yuliandri, 30 % diantaranya diisi oleh sumber daya kesehatan.

Berdasarkan data Tahun 2022. jumlah mahasiswa Unand berjumlah 34.368 orang, dosen 1.473 orang, terdiri dari Profesor 157 orang dan Doktor 642 orang.

"Secara institusi Unand sejak tahun 2014 hingga saat ini masih memiliki akreditasi A (unggul)," kata Yuliandri.

Ditempat sama, Ketum Kadin Muhammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat mengajak para mahasiswa untuk menjadi bagian dari pengusaha-pengusaha muda guna mendorong, membantu percepatan dan pertumbuhan perekonomian Nasional.

"Menyikapi hal ini kita harus bekerja sama bagaimana dan memastikan agar lebih banyak lagi pengusaha dari kalangan mahasiswa," imbuhnya.

Menurut M Arsjad, Unand sebagai perguruan tinggi telah mampu menunjukkan peran penting dalam usaha mendorong setiap mahasiswa  perguruan tinggi Ini, bisa menjadi pengusaha-pengusaha muda.

Katanya, Unand sudah hebat karena mampu memasukkan nilai-nilai dan spirit entrepreneurship bagi kalangan mahasiswanya.

Upaya yang dilakukan perguruan tertua di luar Pulau Jawa ini, sebut M. Arsjad, dinilai telah relevan dengan semangat masyarakat Minangkabau yang banyak melahirkan pengusaha (saudagar) yang tangguh sejak dahulunya.

Kuliah umum yang digelar Unand ini selain diikuti para pimpinan, dekan dan mahasiswa Unand, juga mahasiswa dari PTS dan PTN lainya di Kota Padang.( ** )

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.