Sri Dato’ Rais Yatim Sampaikan Nilai dan Tamaddun Satu Kesatuan.

REALITANUSANTARA.COM

Padang - Universitas Andalas mengadakan kuliah umum dengan menghadirkan Ketua Dewan Negara Malaysia Ke-18 Yang Berhormat Senator Tan Sri Dato’ Seri Utama Rais Yatim.

Rektor Unand Yuliandri mengatakan kehadian Rais Yatim bukanlah hal yang asing baginya karena mantan Perdana menteri Malaysia ini adalah putra asli Minang yang asal usulnya berasal dari Palupuah, Kabupaten Agam Sumbar.

Selain sukses di kancah politik, Yuliandri juga menilai Rais Yatim berhasil memberikan manfaat bagi orang banyak melalui berbagai amanah jabatan yang diembannya.

“Karatau madang di hulu, babuah babungo balun, ka rantau bujang dahulu di rumah paguno balun. Pepatah ini sangat pas disematkan pada beliau, karena relevan dengan perjalanan karirnya,” ujar Rektor saat Kuliah Umum dengan tema “Nilai merobah tamaddun”, Kamis (11/5).

Senada dengan itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah keberhasilan beliau menjadi kebanggaan masyarakat Minang. “Kehadiran ini juga merupakan cerminan kepedulian budaya minang ditengah penetrasi budaya asing yang kian masif,” sambungnya.

Disampaikannya dengan semangat membangun kampung halaman dan membesarkan budaya daerah selaku Pemerintah Provinsi Sumbar ingin menitip pesan kepada warga Minang di Malaysia yang secara administratif mungkin berbeda namun tali persaudaraan tidak akan pernah putus.

“Sebagai komunitas yang tinggal di luar negeri masyarakat Minangkabau memiliki potensi besar terutama pembangunan daerah dan juga budaya,” ungkap Mahyeldi.

Ketua Dewan Negara Malaysia Ke-18 Yang Berhormat Senator Tan Sri Dato’ Seri Utama Rais Yatim dalam kuliah umumnya mengatakan nilai dan tamaddun merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Artinya, dalam tamaddun ada nilai dan dalam nilai ada tamaddun. Secara harfiah, tamaddun adalah kehidupan yang mempunyai tahap-tahap kemurnian, ketinggian, kesucian dan keindahan.

Menteri Informasi, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia periode 2009 hingga 2013 tersebut mengatakan secara umum setiap harinya masyarakat akan menemui nilai hidup, nilai perbuatan, nilai pemerintahan, interaksi dan lain sebagainya.

Humas dan Protokol UNAND

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.