Melalui kegiatan inovatif Babinsa Koramil 03/Sipora, Serda P Situngkir memberikan motivasi warga binaan dalam pengolahan daun sagu menjadi atap rumbia.

REALITANUSANTARA.COM

MENTAWAI - Melalui kegiatan inovatif Babinsa Koramil 03/Sipora, Serda P Situngkir memberikan motivasi warga binaan dalam pengolahan daun sagu menjadi atap rumbia.

Batang sagu, selain bisa diolah  untuk konsumsi atau menjadi makanan sehat,  juga daunnya bisa di manfaatkan untuk di jadikan atap rumah.

Seperti kita ketahui sejak dahulu daun sagu tersebut sudah di manfaatkan oleh masyarakat mentawai untuk dijadikan atap rumah, akan tetapi untuk memiliki nilai jual masih di kategorikan rendah.

Babinsa Koramil 03/Sipora, Serda P Situngkir  mengatakan, dalam hal tersebut perlu memperhatikan bahan yang akan di komersilkan, karena kualitas sangat berpengaruh dengan harga," ucapnya

Lebih lanjut dia mengatakan, hari ini kita motivasi dan beri semangat kepada warga binaan untuk meningkatkan kualitas pengolahan atap rumbia agar memiliki nilai jual tinggi," katanya pada Sabtu 01 April 2023

Dia menyebutkan, Seperti di ketahui bawahasannya di kepulauan mentawai dulunya hampir rata-rata memiliki banyak pohon sagu yang di jadikan sebagai bahan pokok, namun seiringnya perkembangan zaman pohon sagu  sekarang sedikit mulai di tinggalkan oleh masyarakat.

Akan tetapi masyarakat saat ini lebih kepada pengolahan daun sagu di jadikan sebagai atap rumbia yang akan di komersilkan, ini salah satu kearifan lokal yang terus di kembangkan. ( ** )

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.