Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Kepulawan Mentawai akan mengupayakan pengimplementasian pelayanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.

REALITANUSANTARA.COM

MENTAWAI – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Kepulawan Mentawai akan mengupayakan pengimplementasian pelayanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.

Penerapan Aplikasi yang berlaku nasional tersebut terus dimasifkan oleh Dinarpus Kepulauan Mentawai. Direncanakan penerapannya kepada seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkab Mentawai .

Salah satunya di bidang kearsipan melalui pemanfaatan Aplikasi Sistem Kearsipan Berbasis Elektronik. Yang dinamakan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kepulauan Mentawai  Zulfikar menjelaskan, aplikasi  Srikandi adalah instrumen pengelolaan arsip dinamis. Hal tersebut berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Lebih lanjut dia mengatakan, aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)," ucapnya pada Selasa 4 April 2023.

Aplikasi Srikandi bertujuan menciptakan kelancaran dalam persyaratan dan kearsipan secara elektronik yang efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan. Aplikasi ini juga dapat memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online, integrasi serta terekam pada pusat data nasional.

Dengan adanya aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi tersebut, mampu meningkatkan pemahaman kapasitas dan keterampilan aparatur sipil negara. Pada sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE)," ucapnya

Melalui kearsipan berbasis digital dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi akuntabilitas dan memori kolektif bangsa dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Sistem ini memiliki banyak manfaat karena sudah tidak lagi menggunakan kertas (paperless), tanda tangan sudah menggunakan elektronik, bisa diakses secara online, pemanfaatan aplikasi ini meningkatkan indeks kearsipan di masing-masing instansi,” ujarnya.

Zulfikar menambahkan, aplikasi Srikandi dinilai oleh Arsip Nasional sebagai implementasi dari pengawasan kearsipan eksternal di masing – masing pemerintah daerah. Sehingga, dengan dilaksanakan sistem ini akan meningkatkan nilai SPBE.

Adapun aplikasi Srikandi memilki beberapa fitur utama. Diantaranya, fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah.

Fitur pemeliharaan arsip untuk menjaga tetap autentik, utuh dan terpercaya. Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.

“Jika sudah dilaksanakan, maka sudah memakai elektronik (paperless). Kami berharap dukungan dari seluruh aparatur di Pemkab Mentawai untuk turut mengimplementasikan aplikasi Srikandi ini di setiap OPD di mentawai .

Sebelum penerapannya nanti, kami akan melaksanakan pelatihan bagi pegawai administrator mengenai pemanfaatan aplikasi Srikandi ini sehingga targetnya di akhir Tahun 2023 bisa 100 persen diimplementasikan dan mendukung pengawasan kearsipan di Pemkab Mentawai agar lebih baik lagi. ( RN )

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.