Untuk meyukseskan pemilu dibutuhkan penyelenggara pemilu yang berintegritas serta pengawas berintegritas dan berkualitas.


REALITANUSANTARA.COM

MENTAWAI - Sebanyak 50 orang peserta mengikuti kegiatan rakernis, peserta tersebut yang  terdiri dari ketua dan anggota panwaslu, Koordinator sekertariat panwaslu dan staf SDM panwaslu se- kecamatan kabupaten kepulauan mentawai, Kamis 2 Maret 2023 di Bundo House Tuapeijat.

Untuk meyukseskan pemilu dibutuhkan penyelenggara pemilu yang berintegritas serta pengawas  berintegritas dan berkualitas.

Menjadi pengawas pemilu yang berkualitas sangat perlu mengikuti rapat kerja, fasilitasi penguatan kapasitas pengelolaan administrasi, dan teknis pengawasan pemilu.

Meningkatkan kapasitas pengawas pemilu dalam melakukan tugas pengawasan dan  kesamaan persepsi dan sinergitas dalam mewujudkan pemilu jujur dan adil..

Koordinator Sekretariat Bawaslu Mentawai, Deni Junita Sihombing menyebut, rakernis yang di laksanakan ini untuk meningkatkan kapasitas terkait administrasi bagi pengawas pemilu se-kecamatan kabupaten kepulauan mentawai.

"Lebih lanjut dia mengataka,  Rakernis penguatan kapasitas bagi pengawas pemilu setidaknya, dapat meningkatkan wawasan, pemahaman dan kesiapan dalam menyongsong pemilu serentak tahun 2024 dengan baik, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ucapnya.

Firdaus Risman, S.Hut, M.Si  selaku Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H, Bawaslu Mentawai, mengatakan, dalam pelaksanaan tugas pengawas pemilu semua sudah diatur dalam peraturan teknis pengawasan yang tertuang dalam perbawaslu nomor 5 tahun 2022 tentang pengawasan penyelenggaraan pemilu," ujarnya

Dia menambahkan, berdasarkan hal itu, bawaslu bertugas memberikan pembinaan terhadap tingkatan panwaslu kecamatan serta membentuk kegiatan bimbingan teknis. Selain itu memberikan pemahaman kepada panwaslu kecamatan terkait tugas-tugas dan kewajibannya dalam melaksanakan tugas  pengawasan penyelenggaraan tahapan pemilu tahun 2024, serta memberikan pemahaman tentang pengelolaan arsip untuk meningkatkan penataan arsip secara tepat, cepat dan sistematis," tuturnya

"Dengan melalui kegiatan penguatan kapasitas, diharapkan panwaslu kecamatan dapat memahami terkait dengan apa yang menjadi tugas pengawasan yang akan di laksanakan nantinya dan juga administrasi" tambahnya 

Editor : Deviana

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.