Dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun Badan SAR Nasional ( Basarnas ) ke - 51 , kantor SAR ( kakansar ) kepulawan Mentawai, gelar upacara di halaman Kantor Basarnas km 9 kepulawan Mentawai.

REALITANUSANTARA.COM

MENTAWAI - Dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun Badan SAR Nasional ( Basarnas ) ke - 51 , kantor SAR ( kakansar ) kepulawan Mentawai, gelar  upacara di halaman Kantor Basarnas km 9 kepulawan Mentawai.

Kepala Kantor SAR ( Kakansar ) Kepulauan Mentawai, Akmal,  bertindak sebagai Inspektur upacara Ikut sebagai peserta upacara yakni , TNI , Polri , Tagana , PMI serta unsur Forkopimda .

Dalam Moment Peringatan HUT ke 51 diberi tema " CEPAT TANGGAP SELAMATKAN JIWA " Kakansar Mentawai Akmal  mengatakan, menjadi anggota Basarnas tangguh dan komitmen menjadi bukti didalam menjalankan tugas untuk menyelamatkan jiwa masyarakat.

 " Tak cukup itu saja, dibanding dengan apa yang mereka lalui saat sedang menjalankan tugas melakukan pencarian dan penyelamatan jiwa . Bahkan , disaat upacara dimulai pagi tadi , Dengan Kuasa Allah kami semua peserta upacara tidak terkena hujan," ucap Akmal saat memimpin upacara, Selasa 28 Februari 2023 di halaman Basarnas km 9 tuapeijat.

Dibalik keindahan kekayaan  dan banyaknya Sumber Daya Alam ( SDA) Indonesia, daerah kita juga memiliki potensi kegawatdaruratan dalam bencana alam," ungkapnya

Belum lagi Kecelakaan penerbangan,  pelayaran , menjadi konsekuensi logis yang dihadapi masyarakat, Untuk itu negara hadir, melalui Basarnas sebagai representasi selalu turun ke lapangan tatkala tugas itu memanggil . Basarnas bahu - membahu membantu masyarakat yang menjadi korban , " jelasnya . 

Untuk itu , dirinya berpesan , pertama untuk meningkatkan kapabilitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) pencarian dan pertolongan sesuai standar nasional maupun internasional ; kedua meningkatkan sinergi dengan kolaborasi dengan stakeholder , ketiga meningkatkan kemampuan sarana dan prasarana dengan inovasi dan teknologi terbaru , gunakan teknologi digital diantaranya penyampaian informasi menggunakan sistem berbasis teknologi selular , aplikasi dan platform digital . Terakhir meningkatkan kesiap - siagaan dengan melibatkan masyarakat dengan menerikan edukasi tentang penyelenggaraan pencarian dan pertolongan.ungkapnya .

Lebih lanjut , dia juga berpesan agar masyarakat juga senantiasa waspada dan selalu aktif mencari informasi mengenai potensi bencana yang mungkin terjadi karena perubahan iklim maupun cuaca .

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.